7 Tips Cara Menghemat Baterai Smartphone Android

Untuk beberapa LINK DRIVER bersifat direct download dari Google Drive. Tunggu samapi ter-download otomatis.

7 Tips Cara Menghemat Baterai Smartphone Android – Kadang heran ketika baru saja selesai di charge, baterai HP cepat banget habisnya. Apalagi setelah selesai di charge, HP langsung digunakan untuk bermain game. Tentu hal itu akan sangat menguras baterai. Namun ada hal lain yang kemungkinan menjadi penyebab borosnya baterai saat digunakan. Saya juga pernah membuat postingan Cara Menghemat Baterai Redmi Note 2, tetapia akan berbeda untuk saat yang bisa diterapkan pasa semua jenis android.

Tips Cara Menghemat Baterai Smartphone Android

Kalian bisa gunakan Tips Cara Menghemat Baterai Smartphone Android dan terapkan pada ponsel. Memang juga, dari segi kapasitas dan kualitas akan mempengaruhi dari isi ketahanan baterai. Silahkan saja coba dan lihat apakah smartphone android kalian belum menggunakan pengaturan berikut.

Tips Cara Menghemat Baterai Smartphone Android

1. Gunakan Backgroud / Wallpaper Gelap

Ini berfungsi agar daya yang dikeluarkan batarai tidak banyak. Maka daya dari cahaya yang dikeluarkan pun akan berkurang dengan memasang background atau wallpaper gelap. Tentu akan menghemat sedikit batarai dengan cara ini,

Tips Cara Menghemat Baterai Smartphone Android

2. Atur Kecerahan Cahaya dan Kurangi Durasi Waktu Aktif Layar

Tips ini juga sangat berguna untuk menghemat baterai, terutama bagi yang suka mengkatifkan kecerahan cahaya secara otomatis. Hal ini tentu akan berimbas pada baterai. Jadi saat layar otomatis nyala, maka secara otomatis juga kecerahan akan naik ataupun turun. Lebih baik dimatikan saja lalu atur secukupnya. Kurang juga untuk durasi waktu layar. Agar hemat, setting saja pada pilihan terendah.

Tips Cara Menghemat Baterai Smartphone Android

3. Matikan Sensor yang Tidak Digunakan

Ini juga kebiasaan dari para pengguna saat menggunakan gadget android mereka. Yang biasa terjadi adalah lupa mematikan sensor setelah digunakan. Misal saja setelah berkirim file melalui Buletooth atau NFC, kadang sering lupa untuk menonaktifkan kembali. Hal ini sangat menguras baterai karena sensor tersebut akan terus menyala. Matikan juga GPS saat tidak digunakan. Misal saja saat tidur atau di charge. Ini juga akan sangat menghemat daya baterai yang cukup lama.

Tips Cara Menghemat Baterai Smartphone Android

4. Hapus Widget yang Tidak Penting

Terlalu banyak widget yang ada pada menu utama memang sangat membantu kamu untuk mengetahui sebuah informasi terbaru. Misal saja memasang widget tentang berita terbaru ataupun prediksi cuaca. Tetapi disamping itu akan sangat berpengaruh pada pemborosan baterai. Karena aplikasi tersebut terus berjalan meskipun dalam kondisi screen off atau layar terkunci.

Tips Cara Menghemat Baterai Smartphone Android

5. Matikan Fitur yang di Rasa Tidak Penting

Di sini yang saya maksud adalah beberapa fitur yang tersedia dari kebanyakan smartphone android, yaitu pembaharuan sistem. Fitur ini kadang menyala tanpa pemberitahuan terlebih dahulu jika belum di atur pada menu notifikasi. Jadi pada fitur ini sering berjalan tanpa kamu sadari. Tidak hanya menguras baterai tetapi juga dapat menyedot kuota yang cukup banyak ketika update berjalan. Bukan bearti tidak penting, tetapi alangkah baiknya jika dilakukan update saat ada jaringan WIFI atau baterai sedang penuh. Matikan juga fitur lain seperti auto cloud, Mi Cloud, Samsung Briefing, dan fitur lainnya.

Tips Cara Menghemat Baterai Smartphone Android

6. Aktifkan Power Saving Mode (Mode Hemat Daya)

Fitur ini memang tidak mesti ada pada setiap ponsel android, atau kalian bisa cek sendiri pada menu aksesbilitas pada pengaturan. Jika ada, segera aktifkan untuk bisa menghemat daya. Fitur ini diberikan langsung oleh masing-masing developer smartphone dan juga tergantung dari versi firmware rom yang di gunakan pada setiap android. Itu juga berbeda-beda namanya, ada yang bernama Battery Life dan lainnya.

Tips Cara Menghemat Baterai Smartphone Android

7. Disable atau Hapus Aplikasi Bawaan yang Tidak Digunakan

Seperti biasa setelah membeli smartphone baru pasti kalian akan melihat aplikasi yang cukup asing dan jarang kamu pakai. Biasanya para developer smartphone sudah melakukan penginstallan pada setiap firmware rom sebelum di pasarkan. Jadi lebih baik kamu disabel atau hapus untuk mengurangi resiko battery drained dan juga akan menambah kapasitas memori.

Kalian bisa melakukan disable atau penghapusan melalui Settings > Manager Application > cari aplikasi yang ingin di disable > kemudian pilih Disable.

Jangan sampai kalian menghapus atau disable aplikasi dari sistem.

Bloatware APP

Nah, diatas adalah 7 Tips Cara Menghemat Baterai Smartphone Android yang dapat diterapkan pada setiap gadget smartphone kalian.



Tinggalkan Komentar

Jepit Kertas © 2017 Frontier Theme
shares