Jepit Kertas

Berbagai macam tutorial Cara Flash Android ada disini.

Cara Memelihara Sugar Glider

Apakah Anda baru saja menjadi pemilik sugar glider? Marsupial kecil ini manis, menggemaskan dan sangat supel, sifat yang membuatnya menjadi peliharaan yang menyenangkan. Sugar glider adalah omnivora, jadi mereka memerlukan diet seimbang terdiri dari buah, protein dan lemak. Sugar glider tinggal di sarang yang tinggi dengan banyak ranting pohon yang bisa dipanjati, tapi mereka suka keluar dan bermain sesering mungkin. Pelajari cara menyediakan lingkungan yang aman dan menyenangkan untuk sugar glider Anda.

Cara Memelihara Sugar Glider

Bagian 1 dari 3: Mengetahui Dasar-Dasar Pemeliharaan Sugar Glider

1. Luangkan waktu untuk membuat ikatan dengan glider Anda. 
Satu hal spesial tentang sugar glider adalah mereka perlu bersosialisasi. Glider bisa menyayangi Anda bila Anda meluangkan waktu dan menghormatinya, glider akan tumbuh membangun kepercayaan pada Anda. Glider membentuk ikatan yang kuat dan bisa menjadi sangat sedih ketika ikatannya rusak. Sebelum membawa pulang glider dan mulai proses bonding, pastikan Anda ingin memelihara glider sepanjang hidupnya, yang bisa mencapai 15 tahun.
Walau pengembang biak akan menjual glider satuan, glider akan lebih baik keadaannya ketika berpasang-pasangan atau berada dalam satu koloni. Lebih baik membeli dua glider apabila Anda ingin mereka sehat dan bahagia.
Memeluk sugar glider Anda dan membelai saat mereka mengantuk dalam kantongnya adalah cara yang baik untuk berhubungan.
Teknik berguna lain untuk bermain adalah “waktu berkemah.” Bermain dengan sugar glider Anda dalam sebuah tenda membuat sugar glider bebas bergerak tanpa harus mengejar mereka susah payah hingga berakhir di tempat yang tidak bisa Anda capai.

Cara Memelihara Sugar Glider

2. Cari dokter hewan untuk binatang eksotis.
Seperti anjing dan kucing, sugar glider kadang-kadang sakit. Sebelum Anda membawa pulang sugar glider, pastikan Anda mecari dokter hewan di area Anda yang berspesialisi dalam merawat glider. Anda harus membawa sugar glider untuk diperiksa sekitar setahun sekali untuk memastikan keadaannya baik. #*Pertimbangkan untuk membuat glider jantan steril bila diperlihara sepasang dengan yang betina untuk mencegah mereka kawin sedarah.

 

3. Lihat penyakit yang umum diidap sugar glider. 
Saat kondisinya baik, sugar glider adalah binatang peliharaan yang tidak perlu perawatan yang terlalu banyak. Namun sewaktu-waktu mereka mungkin sakit karena kekurangan nutrisi penting, tidak cukup bermain, atau penyebab lain. Bila Anda melihat tanda-tanda sugar glider Anda tidak sehat, bawa langsung ke dokter hewan. Berikut penyakit yang umum dialami oleh sugar glider:
  • Kekurangan kalsium, yang bisa menyebabkan kelumpuhan dan bisa dicegah selama Anda memberi makanan yang tepat.
  • Konstipasi atau gangguan pencernaan.
  • Luka terbuka karena tergaruk atau tergores bagian tajam dalam kandang.
  • Parasit seperti kutu atau cacing.
  • Obesitas karena makan terlalu banyak makanan berlemak.
  • Stres karena kurang bersosialisasi.
Cara Memelihara Sugar Glider
4. Hubungi pemilik glider lain di area Anda.
Akan sangat menyenangkan untuk berhubungan dengan pemilik glider lain untuk berbagi kesenangan. Tambahannya mereka bisa menjadi sumber informasi yang sangat baik bila Anda ingin bertanya-tanya. Ada banyak forum dan papan pesan yang berhubungan dengan glider.
Cara Memelihara Sugar Glider
5. Hati-hati membawa glider Anda.
Sugar glider bisa keluar setelah dekat dengan Anda. Mereka biasanya tidak akan melarikan diri karena merasa lebih aman untuk melarikan diri kepada Anda. Namun Anda sebaiknya tidak membawa sugar glider keluar bila belum membentuk ikatan dengan Anda.

 

  • Hati-hati dengan binatang peliharaan lain dan suara-suara keras yang bisa membuat mereka hingga lari ke atas pohon atau ke dalam pipa drainase. Mereka bisa melarikan diri sangat kencang.
Cara Memelihara Sugar Glider
Bagian 2 dari 3: Menyiapkan Tempat Tinggalnya
1. Beli atau bangun kandang yang berukuran sesuai. 
Kelebihan dari sugar glider yang luar biasa adalah mereka bisa merentangkan kakinya dan meluncur di udara. Untuk itu, sebagai binatang peliharaan, mereka perlu kandang yang tinggi. Walau banyak pengembang biak yang akan memberi Anda kandang saat membeli, kandangnya mungkin kurang besar. Ukuran minimum kandang sugar glider adalah tinggi 30 cm lebar 60 cm dengan jarak antar jeruji tidak lebih dari 1.25 cm. Bila Anda punya ruang lebih, lebih besar ( dan tinggi ) lebih baik. Ada beberapa penjual kandang online, atau Anda bisa mencari di toko binatang peliharaan setempat. Banyak pemilik glider membangun kandang yang disesuaikan dengan keperluan rumah tangganya.
  • Hindari kandang dari baja galvanis karena bisa berkarat dan menyebabkan infeksi kandung kemih pada sugar glider.
  • Pastikan kandang terbuat dari jaring atau memiliki jeruji horizontal yang memungkinkan glider untuk memanjat.
Cara Memelihara Sugar Glider
 
2. Letakkan kandang di atas baki besar dengan alas.
Ini berguna untuk menyerap kotoran dan sisa makanan, dan Anda bisa dengan mudah mengganti alas ketika sudah penuh. Bagi plastik ataupun metal bisa digunakan. Gunakan alas kertas seperti Care Fresh alas tidak beracun lain seperti koran bekas, pasir tempat kucing buang air atau bantalan untuk anak anjing. Ganti setiap sekitar seminggu sekali.
Hindari menggunakan kayu apa saja karena minyak-minyak terlalu keras untuk sistem pernafasan sugar glider. Minyak-minyak dalam kayu bisa menyebabkan masalah kesehatan pada sugar glider.
Bila Anda tidak ingin membeli alas, Anda bisa menggunakan material tidak beracun lain dari di sekitar rumah.
Cara Memelihara Sugar Glider
3. Sediakan kantong.
Sugar glider adalah binatang nokturnal, dan di alam bebas mereka tidur di dalam pohon. Untuk meniru kondisi tersebut, letakkan rumah burung kayu ( terbuat dari kayu yang aman seperti manzanita atau eucalyptus ), atau kantong dari wol dengan bukaan di sampingnya. Sangkutkan di sisi kandang menggunakan kait plastik pada jaring atau jeruji. Glider akan bisa memanjat ke dalam kotak atau kantong untuk beristirahat jika mereka mau.
Penting untuk memastikan kotak dalam sarang terbuat dari material tidak beracun. Kantung dari wol atau kantong katun 100% ( bagian luarnya saja ) adalah pilihan yang baik, atau rumah burung dari kayu Manzanita, kayu pohon apel, atau kayu eucalyptus yang tidak diproses dengan bahan kimia juga bagus. Akan baik sekali untuk menyenangkan hidup mereka dengan membeli keduanya, kotak dan kantong. Cari bahan yang tidak membuat kuku glider tersangkut, atau pastikan jahitannya tersembunyi.
Batok kelapa juga merupakan pilihan yang populer. Sediakan lebih dari satu jenis alas agar ada variasi.
Cara Memelihara Sugar Glider
4. Masukkan tangkai pohon yang aman dan mainan ke dalam kandang.
Sugar glider adalah binatang yang pandai dan perlu lingkungan yang memikat. Anda perlu menstimulasi pikiran glider dengan benda-benda yang menarik dilihat untuk disentuh, dicium dan dipanjati. Letakkan tangkai pohon di sisi kandang untuk meniru lingkungan alami mereka. Kebanyakan mainan anak-anak aman untuk glider, begitu juga mainan plastik yang bisa Anda beli dari penjual keperluan sugar glider. Pastikan untuk memiliki roda tanpa palang di porisnya karena ekor glider mudah tersangkut, ada beberapa merek roda yang aman, di antaranya Raptor dan Stealth adalah yang paling populer. Berikan mainan yang berputar dan susun ulang untuk mereka mainkan dalam kandang secara teratur.
Cari ide-ide secara online tentang cara membuat tempat tinggal sebaik mungkin untuk glider Anda. Forum tentang glider penuh dengan ide-ide hebat tentang mainan dan hal-hal menarik lain yang bisa dimasukkan ke dalam kandang.
Bila glider Anda kurang terstimulasi, mereka bisa depresi. Ini bisa menyebabkan masalah kesehatan yang berlangsung lama.
Cara Memelihara Sugar Glider
Bagian 3 dari 3: Memberi Makan Sugar Glider
1. Sediakan diet yang sehat. 
Sugar glider adalah binatang asli Australia, tempat mereka makan getah, telur burung, kadal, serangga, dan makanan liar lainnya. menyiapkan makanan untuk sugar glider akan seperti memberi makan binatang dalam kebun binatang bukan membuka sekantong pelet. Ada beberapa rencana diet atau pola makan yang tersedia seperti Diet Burbon’s Modified Leadbeater atau diet OHPW, yang menyediakan panduan langkah-langkah untuk memberi makan sugar glider. Semua pola makan ini dilengkapi dengan buah dan sayur setiap malam. Pastikan Anda mengikuti pola makan tersebut karena bila tidak Anda mungkin merusak rasio gizinya. Kedua program membantu glider mendapatkan kalsium yang mereka inginkan untuk menghindari malnutrisi dan HLP ( hind leg paralysis/kelumpuhan kaki belakang ). Lakukan riset online untuk menentukan program yang cocok untuk Anda. Jangan pernah memberi glider pelet saja, karena pelet adalah camilan yang sangat baik tapi bukan makanan yang cukup. Pelet mengandung protein yang sangat sedikit juga isi yang lain.
  • Mungkin sepertinya menyiapkan makanan sugar glider akan memakan banyak waktu, namun setelah menguasainya Anda bisa menyiapkan makanan untuk seminggu dalam satu hari saja. Hal yang terpenting adalah Anda menyediakan porsi protein, gula dan lemak yang tepat, dan pastikan sugar glider mendapat mineral karena mereka memerlukannya untuk tetap sehat.
  • Jangan memberi makan sugar glider makanan anjing, makanan kucing atau makanan lain yang tidak diperuntukkan untuk sugar glider. Karena nutrisinya tidak cukup bagi sugar glider untuk berkembang.
Cara Memelihara Sugar Glider
2. Sediakan camilannya.
Glider suka sekali camilan, dan memberi camilan bisa menjadi cara yang sangat baik untuk membentuk ikatan dengan glider. Salam satu yang paling bernutrisi adalah ulat Hongkong. Melihat glider Anda suka sekali makan ulat Hongkong akan membantu Anda mengatasi rasa jijik ( kebanyakan toko binatang peliharaan menjual penjepit plastik untuk menjepit cacing ).
  • Camilan lain termasuk buah segar, papaya kering tanpa sulfur, kelapa kering tanpa sulfur, tetesan yogurt, biji pinus (dalam jumlah terbatas), kacang, dan “camilan yang bisa dijilat ” yang bisa berupa yogurt, bubur apel atau makanan bayi. ( Rasa Hawaiian Delight dan ayam dengan apel adalah favorit mereka ).
  • Dalam memilih camilan, hindari semua pemanis atau pewarna buatan, atau semua bahan yang tidak alami.
  • Jangan pernah memberi makan sugar glider gula, permen, atau cokelat, karena akan menyebabkan masalah kesehatan.
Cara Memelihara Sugar Glider
3. Selalu sediakan makanan dan air dalam kandang.
Letakkan wadah makanan dan air loga di dasar kandang. Jaga wadah air penuh terus, tapi sediakan hanya makanan untuk sekali makan untuk tiap sugar glider, jangan sampai menaruh makanan dalam wadahnya hingga penuh. Anda mungkin melihat sisa makanan di malam hari, buang dan sediakan makanan sehat untuk pagi berikutnya.
Cara Memelihara Sugar Glider
Tips
  • Sugar glider adalah marsupial, bukan tupai. Jangan memberi kacang pada glider Anda.
  • Periksa untuk memastikan glider adalah binatang peliharaan yang legal dan tidak diklasifikasikan sebagai binatang eksotis di area Anda. Glider kadang-kadang disebut sebagai “pocket pet.”
  • Pastikan Anda memiliki kandang yang cukup besar untuk glider menyebar.
  • Pertimbangkan untuk mengadopsi. Banyak orang yang membeli glider secara “impulsif” karena mereka sangat manis, kemudian menyesali keputusan membeli ketika menyadari banyak pekerjaan yang perlu dilakukan untuk memelihara glider. Adopsi akan memerlukan pekerjaan tambahan untuk menciptakan ikatan dan kepercayaan, tapi itu semua akan berharga.
Peringatan
  • Glider yang sedang takut akan mengigit, tapi lebih seperti mencubit daripada menggigit. Jangan coba untuk terus melakukan apapun yang membuatnya takut.
  • Kantong plastik membuat glider takut. Tidak ada yang tahu pasti mengapa, tapi glider akan panik bila mendengarnya.
  • Batasi makanan buahnya dan jangan beri jeruk. Terlalu banyak makanan yang mengandung asam bisa membunuhnya.

Terimakasih sudah membaca postingan diatas. Semoga dapat bermanfaat bagi yang membutuhkan. Tinggalkan komentar jika perlu.

Tinggalkan Komentar

Jepit Kertas© 2017 Frontier Theme
shares